Langsung ke konten utama

Batik Cikadu Tanjung Lesung Sebagai Repsentasi Pandeglang




Oleh: Gunawan Setiyari


Banten merupakan wilayah yang luas yang berada di indonesia,di banten terdapat banyak yang bisa kita ketemui atau peroleh dimulai dari sejarah,pengetahuan,kuliner,tempat wisata hingga pakaian adatnnya. Namun dalam Blog kali ini akan membahas salah satu Pakaian ciri khas di daerah banten yaitu salah satunnya adalah batik Pandeglang, Kalau ngomongin batik tidak akan pernah ada habisnya, mulai dari berbagai motif, daerah penghasil, sampai harga yang tergolong sangat terjangkau oleh setiap kalangan. Sejak di akui sebagai warisan budaya dunia milik Indonesia, batik sekarang ini banyak sekali bermunculan motif-motif baru yang menambah pula daerah-daerah baru penghasil batik tersebut.
Batik merupakan pakaian ciri khas setiap daerah yang ada di indonesia,di indonesia banyak macam batik yang dihasilkan sesuai dengan tersebarnnya daerah-daerah yang ada di indonesia, dalam pembuatan batik sendiri itu tidak mudah perlu adannya keahlian dan pelatihan khusus untuk membuat batik yang akan dihasilkan , ada 2 tipe batik yang bisa dihasilkan yaitu batik Cetak yang cara membuatnnya dengan cara mengeclupkan cetakan yang sudah dilumuri bahan-bahan atau tinta dengan sebuah cetakan atau motif batik teknik tulis adalah cara membatik dengan menggunakan Canting lalu dicelupkan ke dalam tinta panas yang lalu di lukis ke kain putih.
Batik Cikadu Tanjung Lesung adalah sebuah motif batik baru yang dihasilkan oleh sebuah sanggar yang pertama kali digagas oleh Bapak Toto Rusmaya. Bersama warga masyarakat setempat, akhirnya berhasil menghasilkan motif-motif baru yang indah dan unik pun bisa kita lihat sekarang. Awalnnya pengembangan kampung batik di Tanjung Lesung ini berawal dari pelatihan pemberdayaan di sekitar bekerja sama dengan perangkat desa yang diikuti sekitar 70 orang, dari kegiatan pelatihan pemberdayaan disekitar bekerja sama dengan masyarakat sekitar.
 Di kampung batik Tanjung Lesung Kampung Cikadu Pandeglang ini kita bisa melihat hasil pembuatan batik oleh masyarakat lokal setempat baik melaluiproses pembuatan batik cetak maupun canting, bahkan bagi wisatawan yang akan mengetahui informasi bagaimana cara membuat batik Tanjung Lesung bisa langsung menuju ke lokasi. Selain sebagai tempat wisata edukasi pembuatan batik cikadu di Tanjung Lesung Banten, tempat ini pun juga menyediakan hasil pembuatan batik Cikadu yang bisa di bawa pulang para wisatawan sebagai oleh-oleh maupun cindera mata. Batik yang dihasilkan Sanggar Batik Cikadu Tanjung Lesung ini dibandrol dengan harga variatif,untuk batik bercap di sini misalnnya dibandrol dengan harga Rp 120.000 per potong,sementara batik tulis Rp 80.000 perpotong.
Seperti motif batik lainnya, Motif Batik Cikadu Tanjung Lesung sangat beragam, di sanggar  ini menggangkat ke khasaan daerah tersebut mencerminkan kehidupan warganya dan di dituangkan lewat motif-motif Batik Cikadu Tanjung Lesung yang sangat indah seperti Badak bercula satu, debus, gunung krakatau, ikan lele, rumah adat, lesung padi, dan masih banyak lagi. Mesti belum secara spesifik setiap motif batik mempunyai nama, namun batik Cikadu Tanjung Lesung sudah cukup banyak diminati oleh pecinta batik, tidak hanya pecinta di Banten saja tapi juga seluruh Indonesia.
Terbukti Motif Batik Cikadu Tanjung Lesung sudah dipakai oleh para desainer-desainer Indonesia untuk menjadikan Motif Batik Cikadu Tanjung Lesung sebagai bahan desain rancangannya untuk pagelaran Fashion Show. Dan tidak hanya itu, di salah satu kontes fashion pria bertaraf dunia yang diadakan di Indonesia pun menggunakan Batik Cikadu Tanjung Lesung untuk salah satu pemotretan profil para kontestannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Minuman Khas Banten

Oleh: Frederika Agustina Tarihoran Bagi kamu pencinta Kuliner, ini dia Minuman Khas Banten Yang WAJIB Dicobaaa!!!           Jika kamu memilih wilayah provinsi Banten sebagai tujuan wisata, kamu ga salah pilih!! Ada 3 jenis minuman khas disini yang pasti belum kamu coba! Sirup Rosella Fresh Produk olahan IKM Kabupaten Tangerang dikembangkan dan diproduksi secara massal. Sirup ini enak dicampur dengan air dan tambahan balok es kecil. Ciri khas sirup rosella fresh ini adalah segar, nikmat, dan tidak mengandung pemanis, pewarna, dan juga pengawet buatan berbahan kimia. Selain menyegarkan, sirup ini juga bisa membantu mengurangi kekentalan darah, mencegah peradangan saluran ginjal, dan juga detox tubuh. Bir Pletok Bang Pletok Bir pletok terbuat dari campuran berbagai jenis rempah rempah dan ditambah dengan kayu secang agar warnanya lebih menarik. Jika di seduh, bir pletok akan berwarna kemerahan. Bir pletok ini bukan minuman yang memabukkan karena

BOY-BOYAN

Oleh: Ricky Permana Sa l ah satu permainan tradisional populer di banten adalah permainan boy-boyan. P ermainan yang cukup populer pada era 80-90an ini yang dimainkan oleh anak-anak ini, kini seiring perkembangan zaman dan teknologi mulai tergusur oleh permainan-permainan digital seprti game online, playstation dan sebagainya. Di daerah banten sendiri permainan ini cukup populer. Permainan mengunakan bola tenis atau bola bekel yang dibaluk oleh dedaunan atau kain. Agar pada saat dilempar kelawan bola tidak melukai pemain karena telah di bungkus untuk meredam benturan pada saat mengenai lawan. Saat ini permainan ini sudah sangat jarang dimainkan lagi oleh anak-anak. Permaian ini dimainkan oleh dua kelompok kelompok pertama yang bertugas menjaga susunan genteng sementara kelompok kedua bertugas untuk menghancurkan susunan genteng tersebut.sebelum memulai permainan ini biasanya diadakan suit untuk menentukan kelompok mana yang akan menjaga genting dan kelompok yang har