Langsung ke konten utama

Minuman Khas Banten



Oleh: Frederika Agustina Tarihoran

Bagi kamu pencinta Kuliner, ini dia Minuman Khas Banten Yang WAJIB Dicobaaa!!!
          Jika kamu memilih wilayah provinsi Banten sebagai tujuan wisata, kamu ga salah pilih!! Ada 3 jenis minuman khas disini yang pasti belum kamu coba!
Sirup Rosella Fresh

Produk olahan IKM Kabupaten Tangerang dikembangkan dan diproduksi secara massal. Sirup ini enak dicampur dengan air dan tambahan balok es kecil. Ciri khas sirup rosella fresh ini adalah segar, nikmat, dan tidak mengandung pemanis, pewarna, dan juga pengawet buatan berbahan kimia. Selain menyegarkan, sirup ini juga bisa membantu mengurangi kekentalan darah, mencegah peradangan saluran ginjal, dan juga detox tubuh.
Bir Pletok Bang Pletok

Bir pletok terbuat dari campuran berbagai jenis rempah rempah dan ditambah dengan kayu secang agar warnanya lebih menarik. Jika di seduh, bir pletok akan berwarna kemerahan. Bir pletok ini bukan minuman yang memabukkan karena tidak mengandung alkohol sama sekali. Malahan, bir pletok ini merupakan minuman yang berkhasiat untuk kesehatan. Di Tangerang Selatan ada bir plethok dengan merk Bang Plethok yang sangat terkenal.
          Bir pletok kenapa di namai Bir, Alkisah bir pletok muncul dari orang orang Betawi gedongan yang banyak bergaul sama orang Belanda. Mereka sering melihat cara dan kebiasaan orang belanda yang minum bir. Bahan utama Bir Pletok adalah jahe ditambah kapulaga, sereh, kayu manis, kayu secang buat warna merahnya, dan gula. Untuk menghasilkan Bir Pletok yang mantap di perlkukah Jahe Gajah yang sudah tua. Jika ingin lebih HOT rasanya di gunakan Jahe Merah yang lebih berasa pedes.

Es Sekemu


Es sekemu ini adalah minuman khas Banten yang bahan utamanya terdiri dari buah kelapa muda dan buah sawo yang pastinya sangat cocok untuk dinikmati saat siang hari. Namun sangat disayangkan, es yang begitu segar ini jarang sekali dijual, kalaupun ada penjualnya bisa dihitung dengan jari.
          Bagaimana dengan kamu pencinta kuliner Banten? Sudah mencoba 3 minuman diatas? Masih ada menu minuman khas lainnya yang harus dicicipi? Jangan sampe ketinggalan menu yang WAJIB ini yaaaa!!
Dalam tugas UAS Cyber PR, kelas A2 PR mengambil Tema “Muatan Lokal yang ada di Banten”. Saya Frederika A.T sebagai pembuat artikel dengan rubrik “Kuliner” sekaligus sebagai editor dari kelompok 7. Semua artikel yang kelompok 7 buat dengan anggota Faladia dan Ratna Dyah Pratiwi, diserahkan terlebih dahulu kepada saya untuk saya koreksi dalam teknik penulisan maupun peletakan gambarnya, kemudian setelah itu diserahkan langsung kepada penanggung jawab dari Blok 2. Atikel saya ini mengambil 3 jenis minuman khas Banten diantaranya, sirup Rosella Fresh, Bir Pletok Bang Pletok, dan Es Sekemu.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Batik Cikadu Tanjung Lesung Sebagai Repsentasi Pandeglang

Oleh: Gunawan Setiyari Banten merupakan wilayah yang luas yang berada di indonesia,di banten terdapat banyak yang bisa kita ketemui atau peroleh dimulai dari sejarah,pengetahuan,kuliner,tempat wisata hingga pakaian adatnnya. Namun dalam Blog kali ini akan membahas salah satu Pakaian ciri khas di daerah banten yaitu salah satunnya adalah batik Pandeglang, Kalau ngomongin batik tidak akan pernah ada habisnya, mulai dari berbagai motif, daerah penghasil, sampai harga yang tergolong sangat terjangkau oleh setiap kalangan. Sejak di akui sebagai warisan budaya dunia milik Indonesia, batik sekarang ini banyak sekali bermunculan motif-motif baru yang menambah pula daerah-daerah baru penghasil batik tersebut. Batik merupakan pakaian ciri khas setiap daerah yang ada di indonesia,di indonesia banyak macam batik yang dihasilkan sesuai dengan tersebarnnya daerah-daerah yang ada di indonesia, dalam pembuatan batik sendiri itu tidak mudah perlu adannya keahlian dan pelatihan khusus u

BOY-BOYAN

Oleh: Ricky Permana Sa l ah satu permainan tradisional populer di banten adalah permainan boy-boyan. P ermainan yang cukup populer pada era 80-90an ini yang dimainkan oleh anak-anak ini, kini seiring perkembangan zaman dan teknologi mulai tergusur oleh permainan-permainan digital seprti game online, playstation dan sebagainya. Di daerah banten sendiri permainan ini cukup populer. Permainan mengunakan bola tenis atau bola bekel yang dibaluk oleh dedaunan atau kain. Agar pada saat dilempar kelawan bola tidak melukai pemain karena telah di bungkus untuk meredam benturan pada saat mengenai lawan. Saat ini permainan ini sudah sangat jarang dimainkan lagi oleh anak-anak. Permaian ini dimainkan oleh dua kelompok kelompok pertama yang bertugas menjaga susunan genteng sementara kelompok kedua bertugas untuk menghancurkan susunan genteng tersebut.sebelum memulai permainan ini biasanya diadakan suit untuk menentukan kelompok mana yang akan menjaga genting dan kelompok yang har