Langsung ke konten utama

ADAT PERNIKAHAN PANDEGLANG



Oleh: Andy Syamputra
Upacara pernikahan tradisional banyak ditemukan di indonesia, salah satu adat dari daerah pandrglang,banten. namun adat perniakahan di pandeglang ini kini sudah jarang ditemui, bahkan bisa dibilang hampir punah. Kini adat yang digunakan pun tidak selengkap zaman dulu dalam prosesi adat pernikahan di pandeglan lelaki dinilai tinggi dan mulia.
Seiring perkembangan zaman tidak berpengaruh terhadap penilaian lelaki yang harga dirinya dianggap tinggi dan mulia. Bisa dibilang kepunahan mulai terlihat pada era 1970an hingga saat ini, banyak proses yang dihilangkan dalam pernikahan tersebut entah karena faktor perkembangan zaman atau dianggap sebagai bagian yang tidak harus dilaksanakan.Berikut beberapa tahapan dalam proses menyelengarakan pernikahan sesuai dengan adat yang seharusnya.
Berikut tahapannya ;
1. Wawakilan
Kedua calon pengantin memilih sosok yang dianggap sedia mewakili pihak laki-laki menyampaikan perniatannya meminang pengantin perempuan kepada orang tua mempelai perempuan. Kesediaan terpilih menjadi juru bicara mempelai lelaki menyampaikan pesan, dan kemudian mendatangi keluarga calon pengantin perempuan untuk merundingkan waktu kedua keluarga merundingkan waktu ngabokor kapan dilaksanakan.
2. Ngabokor
Ngabokor adalah proses keluarga mempelai lelaki mengunjungi keluarga perempuan, sembari membawa berbagai macam bawaan atau seserahan termasuk bokor (tempat menyimpan sirih yang terbuat dari logam, berwarna emas) sebagai simbol diterimannya perniatan mempelai lelaki. Selain bokor, ada pula sesrahan atau barang yang harus dibawa oleh calon mempelai laiki-laki seperti; lauk emas, kejo sahancrungan, lauk bangbangan, bakakak hayam satenong, daging lapis stibsi, sayuran. dan juga berbagai kue tradisional seperti: pais cau, pasung, jojorong, gegemblong.
3. Mulangkeun Bokor
Perundingan yang dilakukan pada proses ngabokor oleh kedua belah pihak keluarga, atas persetujuan pernikahan kedua mempelai ditandai dengan pengembalian bokor yang diisi dengan uang sebesar sratus perak. Dan, apabila dari perundingan tidak menemukan restu pernikahan berdasar dari salah satu pihak mempelai, maka kerugian mesti diganti dengan penuh, tas barang bawaan yang telah dibawa terdahulu.
4. Akad Nikah
Masyarakat pandeglang memililki jeda waktu dari akad nikah menuju resepsi penikahan (tapi itu tidak lagi dilakukan karena masyarakat pandeglan memiliki pandangan lain terhadap prosesi pernikahan).
5. Diramekeun
prosesi pernikahan dengan arak-arakan diiringgi kesenian tradional seperti terbnag, dan gotongan, serta berbagai hasil bumi. Saat ngarak atau pawai pengantin, sanak keluarga dan keluarga ikut bersuka cita dan uniknya, jika mempelai lelaki tidak dijemput kemungkinan besar keluarga mempelai lelaki tidak akan datang.
Bgitu tiba dikediaman mempelai perempuan, prosesi bukanpintu dilakukan dengan cara pintu ditutup oleh kain batik atau samping. Bahkan, seluruh dinding rumah ditutupi kain batik.proses buka pintu dilakukan seperti budaya di daerah lain. Ada dialog terlebih dahulu dari wakil masing-masing rombongan. Dengan posisi rombongan lelaki berada diluar pintu rumah,sementara pihak perempuan berada dipintu dalam rumah. Seorang wakil memandu kedua belah pihak untuk kemudian mengucapkan salam.
Kedua belah pihak saling melontar tanya jawab, sampai ada satu yang mengalah dan terjawab semua pertanyaan pintu pun dibuka. Seorang ustad lalu memimpin doa, kemudian pengantin perempuan di jemput atau diantarkan ketempat duduk pengantin.belum selesai sampai disitu, pengantin perempuan satu minggu stelah resepsi pernikahan tidak boleh keluar.sajen berupa menyan kopi hitam, susu putih, kopi susu, susu coklat teh manis , teh pait dan air putih dalam kendi disimpan di tempat pangbeasan (sebuah gerabah tempat penyimpanan beras)
Juga seperangkat pakaian wanita seperti celana dalam, rok, bra baju dan kerundung disimpan dipara (sebuah tempat bergantung tepat diatas perapian )

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Batik Cikadu Tanjung Lesung Sebagai Repsentasi Pandeglang

Oleh: Gunawan Setiyari Banten merupakan wilayah yang luas yang berada di indonesia,di banten terdapat banyak yang bisa kita ketemui atau peroleh dimulai dari sejarah,pengetahuan,kuliner,tempat wisata hingga pakaian adatnnya. Namun dalam Blog kali ini akan membahas salah satu Pakaian ciri khas di daerah banten yaitu salah satunnya adalah batik Pandeglang, Kalau ngomongin batik tidak akan pernah ada habisnya, mulai dari berbagai motif, daerah penghasil, sampai harga yang tergolong sangat terjangkau oleh setiap kalangan. Sejak di akui sebagai warisan budaya dunia milik Indonesia, batik sekarang ini banyak sekali bermunculan motif-motif baru yang menambah pula daerah-daerah baru penghasil batik tersebut. Batik merupakan pakaian ciri khas setiap daerah yang ada di indonesia,di indonesia banyak macam batik yang dihasilkan sesuai dengan tersebarnnya daerah-daerah yang ada di indonesia, dalam pembuatan batik sendiri itu tidak mudah perlu adannya keahlian dan pelatihan khusus u

BOY-BOYAN

Oleh: Ricky Permana Sa l ah satu permainan tradisional populer di banten adalah permainan boy-boyan. P ermainan yang cukup populer pada era 80-90an ini yang dimainkan oleh anak-anak ini, kini seiring perkembangan zaman dan teknologi mulai tergusur oleh permainan-permainan digital seprti game online, playstation dan sebagainya. Di daerah banten sendiri permainan ini cukup populer. Permainan mengunakan bola tenis atau bola bekel yang dibaluk oleh dedaunan atau kain. Agar pada saat dilempar kelawan bola tidak melukai pemain karena telah di bungkus untuk meredam benturan pada saat mengenai lawan. Saat ini permainan ini sudah sangat jarang dimainkan lagi oleh anak-anak. Permaian ini dimainkan oleh dua kelompok kelompok pertama yang bertugas menjaga susunan genteng sementara kelompok kedua bertugas untuk menghancurkan susunan genteng tersebut.sebelum memulai permainan ini biasanya diadakan suit untuk menentukan kelompok mana yang akan menjaga genting dan kelompok yang har

Minuman Khas Banten

Oleh: Frederika Agustina Tarihoran Bagi kamu pencinta Kuliner, ini dia Minuman Khas Banten Yang WAJIB Dicobaaa!!!           Jika kamu memilih wilayah provinsi Banten sebagai tujuan wisata, kamu ga salah pilih!! Ada 3 jenis minuman khas disini yang pasti belum kamu coba! Sirup Rosella Fresh Produk olahan IKM Kabupaten Tangerang dikembangkan dan diproduksi secara massal. Sirup ini enak dicampur dengan air dan tambahan balok es kecil. Ciri khas sirup rosella fresh ini adalah segar, nikmat, dan tidak mengandung pemanis, pewarna, dan juga pengawet buatan berbahan kimia. Selain menyegarkan, sirup ini juga bisa membantu mengurangi kekentalan darah, mencegah peradangan saluran ginjal, dan juga detox tubuh. Bir Pletok Bang Pletok Bir pletok terbuat dari campuran berbagai jenis rempah rempah dan ditambah dengan kayu secang agar warnanya lebih menarik. Jika di seduh, bir pletok akan berwarna kemerahan. Bir pletok ini bukan minuman yang memabukkan karena