Langsung ke konten utama

Tips dan Trik Make-up Yang Fashionable


Oleh: Riska Dwi Arianti

Fashion tanpa make-up ? Apa jadinya ? Begini tips dan trik bermake-up yang fashionable.

Sebagai masyarakat Banten, saya akan memperkenalkan Tatanan Hias Make-up Khas Banten, karena make-up di masakini bukan hanya sekedar pemoles wajah, tetapi juga penunjang dalam fashion. Trend make-up dengan berbagai paduan waarna, menciptakan kesan berkarakter pada wajah,

Saya ataupun Anda dan seluruh pembaca blog ini, pasti selalu mencocokan busana yang di kenakan dengan make-up yang akan dibuat, sehingga menghasilkan kesan berkarakter dan fashionable.

Adat Budaya Banten adalah termasuk salah satu budaya tertua di Indonesia. Ragam budaya Banten sangat khas yang diwarnai oleh Agama Islam sebagai agama mayoritas masyarakat Banten. Salah satu cara melestarikannya adalah dengan mengembangkan tata rias pengantin yang mengambil tema adat Banten.

Pada blog ini saya tertarik untuk menyoroti seputar Fashion (Tata Rias). Mari kita bahas bersama, sehingga blog ini dapat menambah pengetahuan seputar Tata Rias sebagai penunjang fashion.
 Layaknya tren busana yang selalu berputar, tren make up 2018 juga mengalami pergeseran. Jika sepanjang 2017 riasan flawless yang disempurnakan dengan lipstik matte dan alis tebal banyak diminati kaum Hawa, bagaimana dengan tren make up 2018?
Nah, karena blog kali ini bertema “Muatan Lokal” maka, akan dibahas seputar make-up tradisional wilayah Banten.
Pernikahan adalah momentum yang sangat istimewa, khususnya bagi kaum Hawa. Pada hari yang berbahagia itu, setiap mempelai perempuan tentunya menginginkan tampil paling cantik dan merasakan sensasi bagaikan puteri raja.
Jauh-jauh hari, para calon pengantin telah mempersiapkan jiwa dan raganya untuk menghadapi hari besarnya. Khususnya bagi para perempuan, memilih gaun pengantin yang terindah adalah salah satu persiapan yang paling penting.
Namun, selain gaun, riasan pengantin adalah elemen kunci yang membuat para mempelai perempuan tampak sangat jelita melebihi penampilan pada hari-hari biasa. Pengaplikasian riasan yang tepat akan membuat sang pengantin tampak bagaikan ratu sejagad.
Nah, bagi Anda yang mungkin tengah merencanakan pernikahan dan sedang mencari-cari inspirasi riasan untuk hari istimewa tersebut, ada beberapa tip dan trik yang bisa dipertimbangkan sebelum menentukan gaya makeup seperti apa yang akan dipilih.
Pada dasarnya, tren riasan pengantin selalu datang silih berganti setiap musimnya. Wardah Profesional Makeup Artist Carolina Septerita menjelaskan saat ini bridal makeup yang sedang digandrungi adalah yang bernuansa nude.

Pertama, mari kita pahami langkah-langkah berikut untuk menghasilkan make-up khas Banten yang berkarakter:
Tip dan Trik:
1Pilih alas riasan yang sesuai dengan warna kulit dan campurkan dengan foundation ber-tone kuning untuk menetralkan. Sebisa mungkin jangan hanya menggunakan satu warna untuk dasaran.
2. Riasan mata harus lebih ditonjolkan. Aplikasi eyeshadow harus memperhatikan kontur mata. Pastikan kontur mata (shadow dan highlight) dilakukan dengan cermat dan simetris agar mata terlihat lebih ekspresif dan lebih berkarakter.
3. Agar riasan tidak luntur karena air mata atau keringat saat acara pernikahan, aplikasikan dasaran sesuai dengan jenis kulitnya. Kulit sangat berminyak disarankan untuk tidak menggunakan eyeliner di bawah mata, bahkan yang waterproof sekalipun.
4. Agar eyeliner (baik cair, gel, maupun pensil) tidak ‘meleleh’ karena keringat atau air mata, kombinasikan pengaplikasinya dengan bubuk eyeshadow warna gelap dan gradasikan untuk tampilan lebih natural, tahan lama, dan memadati ruang-ruang kosong di sela-sela eyeliner.
5. Pastikan konsultasi dengan penata rias sebelum hari H. Lakukan makeup testsetidaknya sepekan sebelum acara. Jarak makeup test dengan hari H tidak boleh terlalu jauh, karena kondisi kulit bisa berubah akibat siklus pergantian sel.
6. Jaga pola makan pada hari-hari menjelang pernikahan. Hindari makanan berminyak dan pedas, karena dapat membuat kulit berminyak dan mudah berkeringat. Gunakan serum vitamin C untuk mengecilkan pori-pori dan membuat kulit kencang dan kenyal.
7. Hindari pemakaian tabir surya dengan SPF di atas 30 agar tidak memantulkan kesan ‘wajah keputihan’ pada saat dipotret, khususnya yang menggunakan flash.
8. Khusus untuk riasan pengantin outdoor, jangan menggunakan dasaran terlalu tebal. Pilih foundation cair, dan hindari foundation krim karena lebih banyak kandungan minyaknya. Gunakanfoundation tipis-tipis dan ditimpa dengan bedak two way cake yang agak banyak.
9. Khusus untuk riasan pengantin indoor, pastikan kondisi ruangan (AC) stabil. Jika ruangan tidak terlalu dingin, gunakan dasaran tipis-tipis. Jika wajah pengantin cenderung berminyak, gunakan foundation cair. Sebaliknya, jika kering gunakan foundation krim.
10. Untuk riasan pengantin, pilih bedak two way cake karena dapat menetralisir minyak alami kulit dan keringat. Aplikasikan secara kering hanya dengan menggunakan sikat/kuas wajah, bukan dengan menggunakan spons basah/lembab.
Adat Budaya Banten adalah termasuk salah satu budaya tertua di Indonesia. Ragam budaya Banten sangat khas yang diwarnai oleh Agama Islam sebagai agama mayoritas masyarakat Banten.Salah satu cara melestarikannya adalah dengan mengembangkan tata rias pengantin yang mengambil tema adat Banten.

Hal tersebut dikatakan sekretaris TUK LKP Dewi Puspita ,Euis Evi Puspitasari,disela acara uji kompetensi Tata Rias Pengantin (TRP) yang bertemakan “Banten Lestari”, di TUK LKP Dewi Puspita jalan Kompleks Kejaksaan I Kota Serang, Minggu (7/11).

“Kami mencoba melestarikan adat budaya Banten melalui tata rias pengantin,sebab selama ini masyarakat Banten hanya tahu tata rias gaya Barat,Sunda dan yang lainnya,sementara mereka tidak mengetahui bagaimana tata rias penganten yang bercorak adat Banten,” kata Euis.

Oleh karena itu, lanjut Euis,pada uji kompetensi TRP yang diikuti 19 peserta yang seluruhnya adalah siswa LKP dewi Puspita,bertemakan “Banten Lestari”, untuk kembali menggali budaya-budaya Banten yang sudah terlupakan oleh masyarakat Banten.

Lebih jauh,Euis menerangkan,seluruh materi baik teori atau praktek pada uji kompetensi kali ini semuanya mengenai tata rias adat Banten.Dan ciri khas yang paling menonjol pada tata rias pengantin Banten diantaranya adalah Sanggul,yang dinamakan Nyimas Gamparan.

Diharapkan, tegas Euis,19 peserta uji kompetensi tersebut setelah lulus nanti dapat mengembangkan serta mengenalkan kepada masyarakat Banten khususnya dan Indonesia umumnya bahwa Banten memilik adat tata rias pengantin.

Selain itu, sambung Euis dengan adanya uji kompetensi tersebut diharapkan para siswa setelah lulus dari uji teori dan praktek menjadi ahli tata rias pengantin yang siap terjun di masyarakat.

Bekal keahlian rias pengantin,lanjut Euis, sangat positif dimiliki para ibu rumah tangga maupun remaja putri. Sebab, dengan memiliki keahlian merias pengantin, selain bertambah pengetahuan dan wawasan juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan bagi keluarga.

“Yang mana pada akhirnya para siswa yang lulus uji kompetensi,dapat memberikan sumbangan yang berarti bagi negara pada umumnya,dan ekonomi keluarga pada khususnya,” jelas Euis.

Lebih jauh Euis menjelaskan,sertifikasi kompetensi merupakan salah satu komponen penting untuk menilai kompetensi seseorang dalam bidang tata riasa pengantin. Dan  melalui  uji kompetensi di TUK yang telah dinilai dan diverifikasi oleh lembaga sertifikasi komptensi,diharapkan dapat memberikan manfaat untuk peningkatan mutu lulusan.

Euis menjelaskan,LKP Dewi Puspita telah resmi menjadi TUK berdasarkan SK Nomor Kep.055/LSK.TRP/IV/2010 dan juga menyediakan sarana dan prasarana pelayanan prima untuk mendapatkan sertifikasi kompetensi yang dikeluarkan oleh Lembaga Sertifikasi Kompetensi  Tata Rias Pengantin.Dan satu-satunya TUK tata rias pengantin yang ada di Kota Serang.

Pantauan FBn, seluruh peserta yang mengikuti uji komptensi nampak serius dan sungguh menerapkan ilmunya yang diperoleh dari LKP nya masing-masing. (LLJ)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Batik Cikadu Tanjung Lesung Sebagai Repsentasi Pandeglang

Oleh: Gunawan Setiyari Banten merupakan wilayah yang luas yang berada di indonesia,di banten terdapat banyak yang bisa kita ketemui atau peroleh dimulai dari sejarah,pengetahuan,kuliner,tempat wisata hingga pakaian adatnnya. Namun dalam Blog kali ini akan membahas salah satu Pakaian ciri khas di daerah banten yaitu salah satunnya adalah batik Pandeglang, Kalau ngomongin batik tidak akan pernah ada habisnya, mulai dari berbagai motif, daerah penghasil, sampai harga yang tergolong sangat terjangkau oleh setiap kalangan. Sejak di akui sebagai warisan budaya dunia milik Indonesia, batik sekarang ini banyak sekali bermunculan motif-motif baru yang menambah pula daerah-daerah baru penghasil batik tersebut. Batik merupakan pakaian ciri khas setiap daerah yang ada di indonesia,di indonesia banyak macam batik yang dihasilkan sesuai dengan tersebarnnya daerah-daerah yang ada di indonesia, dalam pembuatan batik sendiri itu tidak mudah perlu adannya keahlian dan pelatihan khusus u

BOY-BOYAN

Oleh: Ricky Permana Sa l ah satu permainan tradisional populer di banten adalah permainan boy-boyan. P ermainan yang cukup populer pada era 80-90an ini yang dimainkan oleh anak-anak ini, kini seiring perkembangan zaman dan teknologi mulai tergusur oleh permainan-permainan digital seprti game online, playstation dan sebagainya. Di daerah banten sendiri permainan ini cukup populer. Permainan mengunakan bola tenis atau bola bekel yang dibaluk oleh dedaunan atau kain. Agar pada saat dilempar kelawan bola tidak melukai pemain karena telah di bungkus untuk meredam benturan pada saat mengenai lawan. Saat ini permainan ini sudah sangat jarang dimainkan lagi oleh anak-anak. Permaian ini dimainkan oleh dua kelompok kelompok pertama yang bertugas menjaga susunan genteng sementara kelompok kedua bertugas untuk menghancurkan susunan genteng tersebut.sebelum memulai permainan ini biasanya diadakan suit untuk menentukan kelompok mana yang akan menjaga genting dan kelompok yang har

Minuman Khas Banten

Oleh: Frederika Agustina Tarihoran Bagi kamu pencinta Kuliner, ini dia Minuman Khas Banten Yang WAJIB Dicobaaa!!!           Jika kamu memilih wilayah provinsi Banten sebagai tujuan wisata, kamu ga salah pilih!! Ada 3 jenis minuman khas disini yang pasti belum kamu coba! Sirup Rosella Fresh Produk olahan IKM Kabupaten Tangerang dikembangkan dan diproduksi secara massal. Sirup ini enak dicampur dengan air dan tambahan balok es kecil. Ciri khas sirup rosella fresh ini adalah segar, nikmat, dan tidak mengandung pemanis, pewarna, dan juga pengawet buatan berbahan kimia. Selain menyegarkan, sirup ini juga bisa membantu mengurangi kekentalan darah, mencegah peradangan saluran ginjal, dan juga detox tubuh. Bir Pletok Bang Pletok Bir pletok terbuat dari campuran berbagai jenis rempah rempah dan ditambah dengan kayu secang agar warnanya lebih menarik. Jika di seduh, bir pletok akan berwarna kemerahan. Bir pletok ini bukan minuman yang memabukkan karena